PERMAINAN MATEMATIKA

Berikut  adalah permainan matematika yang menyenangkan untuk anak-anak . Latihan ini cocok untuk anak-anak yang telah belajar pembagian. Dalam permainan ini, Anda akan meminta anak Anda untuk memulai dengan dua digit angka yang disembunyikan dari Anda. Setelah melakukan serangkaian operasi matematika pada jumlah tersebut, akan sampai pada jumlah akhir yang bisa ditebak .
 Inilah permainannya "
    Mintalah anak untuk memilih angka dua-digit (dari 10 sampai 99), tetapi rahasiakan dari Anda.  Sebut angka ini " P".
    
Selanjutnya, minta anak Anda untuk membuat kebalikan dari angka tadi. Sebagai contoh, 58 akan menjadi 85. Angka ini disebut"Q". Jika angka asli kebetulan berakhir pada 0, kebalikannya hanya akan menjadi digit tunggal. Sebagai contoh, 20 akan menjadi 2. Jika angka asli terjadi terdiri dari digit yang sama berulang-ulang, maka angka baru tersebut akan sama. Sebagai contoh, 33 akan menjadi 33 lagi.
    
Sekarang minta anak Anda untuk menjumlahkan dua angka yang diperoleh pada Langkah 1 dan 2, yaitu menghitung P + Q.  Jumlah ini kita sebut "R".
   
Kemudian mintalah anak untuk menjumlahkan angka pertama yaitu "P" . Angka  ini kita sebut S. 
   Terakhir, mintalah anak Anda untuk membagi jumlah yang diperoleh pada Langkah 3 dengan jumlah yang diperoleh pada langkah 4. Artinya, menghitung R / S. Kita sebut angka ini "T".Angka itu akan selalu 11, tidak peduli apa nomor asli!
 Contoh

    
Misalkan anak memilih 62.
    
Pembalikan adalah 26.
    
62 + 26 = 88.
    
Jumlah dari angka  62 adalah 8.
    
Akhirnya, 88/8 = 11.Mengapa jawaban akhir selalu 11?Untuk mengetahui mengapa  akan selalu mendapatkan angka11 pada akhir proses ? Misalkan angka pertama adalah F dan L angka kebalikannya. digit terakhir nomor asli dapat ditulis prosesnya sebagai berikut: 10 * F + LKetika Anda membalik angka , angka pertama sekarang L dan angka terakhir adalah sekarang F.sehingga menjadi :10 * L + FSekarang ketika Anda menambahkan dua angka tersebut, yang Anda dapatkan(10 * F + L) + (10 * L + F)= 10 * F + F + 10 * L + L= 11 * F + 11 * L= 11 * (F + L)Sekarang jumlah dari angka  asli adalah  F + L. Ketika Anda membagi angka di atas dengan F + L, Anda mendapatkan11 * (F + L) / (F + L) = 11.

Bagaimana menarik bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar