PEMANFAATAN “SMS” SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN

Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi, model pembelajaran di kelas perlu menyesuaikan dengan tuntutan yang ada saat ini. Penggunaan media elektronika sebagai sumber pemerolehan informasi maupun ilmu pengetahuan merupakan salah satu tuntutan kehidupan saat ini. Penggunaan media elektronika seperti HP (Handphone) merupakan hal yang menjadi tuntutan kehidupan saat ini dalam membantu beroleh informasi maupun ilmu pengetahuan.

Selain digunakan sebagai media komunikasi ,media HP tersebut juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran di kelas dalam melatih siswa terampil membaca dan menulis.

Untuk membantu siswa terampil membaca dan menulis,dapat  digunakan pesan “SMS” (Short Massage Service) dari HP sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini, siswa mempelajari keterampilan membaca dan menulis dengan menggunakan pesan SMS dari HP. Bahan ajar (materi pelajaran) diinformasikan kepada siswa melalui pesan SMS, kemudian siswa merespons sesuai dengan pesan yang diterimanya. Keberhasilan siswa dinilai atau diukur berdasarkan respons yang diberikan setelah siswa menerima pesan SMS.

Sumber tulisan : Jurnal UPI http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1367/pemanfaatan-%E2%80%9Csms%E2%80%9D-sebagai-media-pengajaran-membaca-dan-menulis-permulaan-di-kelas-rendah--penelitian-tindakan-kelas-pada-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-sekolah-dasar--.html

Sumber gambar : www.sciencemythologi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar