JENIS - JENIS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Di dalam pembelajaran matematika, seorang guru semestinya menggunakan alat peraga. Hal ini agar materi yang diberikannya mudah difahami oleh siswa. Untuk itu seorang guru harus mengenal jenis jenis media pembelajaran matematika.

Penggolongan jenis jenis untuk pembelajaran Matematika terdiri dari 5 jenis yakni :

a. media tanpa proyeksi dua dimensi : yakni tipe yang pemakaiannya tanpa proyektor serta cuma punyai dua ukuran saja, yaitu panjang serta lebar. Contoh : papan catat, papan tempel, papan fanel, serta yang lain.

b. media tanpa proyeksi tiga dimensi, yakni : tipe media yang pemakaiannya tanpa proyektor serta punyai ukuran panjang, lebal tidak tipis, serta tinggi. juga didalam katagori ini contohnya : benda sesungguhnya, boneka, etc.

c. media audio yakni media yang cuma berikan rangsangan nada saja. media ini pemakaiannya tanpa proyektor, tapi mempunyai alat perlengkapan spesial yang bisa memberikan atau memperkera nada. tipe media sama dengan ini, umpamanya : radio serta tape recorder.

d. media dengan proyeksi yakni : media yang pemakaiannya mengfungsikan proyektor, umpamanya : fim, slide, serta film strip.

e. televisi serta video tape recorder yakni tipe media yang pada prinsipnya sama juga dengan audio tape recorder, serta radio. perbedaannya andaikan radio cukup hanya dengan pemancar nada saja, namun tv pancarkan nada serta gambar. video tape recorder yaitu alat buat merekam, menaruh serta menampilkan kembali dengan serempak nada serta gambar dari satu objek. namun apabila tv yaitu sebagai alat untuk lihat gambar serta mendengarkan nada dari jarak jauh.

 Penggunaaan alat peraga atau media pembelajaran bertujuan untuk  mengoptimalkan kegunaan seluruh panca indra siswa untuk menambah efektivitas siswa studi dengan langkah mendengar, lihat, meraba, serta menggunakan pikirannya dengan logis serta realistis. Pelajaran bukan hanya sekedar menerawang secara abstrak, namun sebagai sistem empirik yang konkrit dan  realistik dan menjadi sisi  hidup yang tidak mudah dilupakan.Dengan kata lain, tujuan pemakaian alat peraga yaitu untuk mendemonstrasikan rancangan yang abstrak ke didalam wujud visual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar