Metode Pembelajaran Teks descriptive

Metode Pembelajaran Teks Descriptive berikut menggunakan metode ‘Guessing Game’ atau permainan tebakan,teknik tersebut dapat membuat siswa aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Tujuan Metode Pembelajaran Teks Descriptive  disini adalah untuk membangun kosa kata siswa dan juga dapat membuat siswa berani berkomunikasi.

Berikut ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Teks Descriptive dengan tema pembelajaran adalah profession :



Pertama, siswa diajak untuk tanya jawab dengan guru tentang
profesi orang tua mereka.
Teacher : I am a teacher. What is your father?
Student : He is a farmer.

Kemudian guru menunjukkan gambar berbagai profesi, siswa menyebutkan nama profesi dan dilanjutkan dengan menyebutkan kosakata yang ada hubungannya dengan profesi. Dengan dibimbing oleh guru, siswa menyebutkan ciri-ciri profesi. Misalnya,teacher: brings book and chalk, teaches student, dsb. Dari ciri-ciri tersebut dibuatlah contoh deskripsi tentang suatu profesi, dan siswa menebak nama profesi yang dideskripsikan. Berikutnya siswa membuat teks deskriptif tentang profesi berdasarkan contoh tadi dan siswa lain menebaknya. Setiap tebakan diikuti tanya jawab tentang alasan yang mendasari tebakan tersebut. Para siswa ternyata menyenangi kegiatan ini karena dapat berkomunikasi dengan yang lain. Ketika bel berbunyi tanda usai pelajaran, mereka masih asyik bertanya jawab.
Di akhir pelajaran mereka dapat mendiskusikan profesi orang tua masing-masing yang diberikan sebagai pekerjaan rumah. Pada dasarnya, tehnik ini bisa diterapkan untuk tema lain, misalnya family life, animals, plants, dan sebagainya

Demikian contoh Metode Pembelajaran Teks Descriptive yang disadur dan di edit dari buku Pakem untuk pembelajaran bahasa Inggris.

5 komentar:

  1. Mhn bisa ditambah info ttg cara pembelajaran yg lain, trmksh

    BalasHapus
  2. Mhn bisa ditambah info ttg cara pembelajaran yg lain, trmksh

    BalasHapus
  3. mantap ... terimakasih,, semoga ditambah lagi yah ..

    BalasHapus
  4. Izin mencoba ah hari ini di sekolah hehe

    BalasHapus