SISTEM E-LEARNING


Metode pengajaran  konvensional yang  diselenggarakan di dalam kelas memiliki keterbatasan yang dapat menghambat proses penyampaian ilmu pengetahuan yang berkembang demikian cepat. Beberapa keterbatasan bisa disebabkan karena masalah waktu dan tempat. Dari kondisi seperti ini maka sistem e-learning diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasai keterbatasan keterbatasan yang ada.


Beberapa pengertian dari E-Learning diantaranya :
E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internat, jaringan computer, maupun computer standalone (Glosaary,2001)
E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan computer lain (Hartley,2001).

Dalam bentuknya yang berbeda dengan pembelajaran biasa, E-learning menawarkan beragam keuntungan sebagai berikut :
1. Memberikan pengalaman berbeda dalam belajar
2. Mengatasi permasalahan waktu dan tempat
3. Membentuk kesadaran belajar secara mandiri.

Disisi lain E-learning memiliki beberapa kekurangan, antara lain :
1. Beberapa materi pelajaran memerlukan praktek yang harus dibawah bimbinga pengajar secara langsung
2. Perangkat pendukung internet di Indonesia masih terbatas
3. Tidak semua orang mengerti komputer dan internet.
Dengan adanya sistem E-learning, proses pengembangan pengetahuan tidak hanya terjadi di dalam ruangan kelas saja, tetapi dengan bantuan peralatan komputer dan jaringan, para siswa dapat secara aktif dilibatkan dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar