KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Salah satu manfaat komputer sebagai media bagi guru adalah sebagai alat bantu dalam menyiapkan bahan ajar dan dalam proses pembelajarannya sendiri.   Berdasarkan hal tersebut, guru matematika seharusnya mengetahui manfaat komputer sehingga tergerak untuk menggunakannya sebagai salah satu media pembelajaran. 

Berkaitan dengan pesatnya perkembangan dan penggunaan komputer tersebut,pemerintah melalui Depdiknas telah menyarankan agar sekolah-sekolah dapat memanfaatkannya dalam rangka meningkatkan keefektifan pembelajaran di sekolah.

Dalam kaitannya dengan aplikasi komputer di bidang instruksional (pengajaran),Robert Taylor membagi penggunaan komputer kedalam tiga kategori yaitu: komputer sebagai “tutor, tool, dan tutee” (Picciano,1998).

1. Komputer sebagai Tutor (Tutor Applications)
Dalam kategori ini, komputer memiliki informasi dan mengontrol lingkungan belajar. Komputer telah dirancang/diprogram terlebih dahulu. Pada umumnyaprogram-program komputer ini akan memberikan/menyediakan beberapainformasi/materi, latihan, dan evaluasi. Dengan menggunakan program ini
memungkinkan siswa untuk mempelajarinya dan memberikan respon atau tanggapan jika terdapat pertanyaan yang perlu dijawab siswa. Selanjutnya komputer kembali merespon/mengevaluasi terhadap jawaban siswa tersebut ataupun memberikan tambahan informasi baru.

2. Komputer sebagai Alat (Tool Applications)
Dalam kategori ini, komputer digunakan untuk membantu atau melakukan tindakan sebagai sebuah alat di dalam kegiatan pembelajaran. Komputer sebagai alat di sini dimaksudkan bahwa komputer digunakan sebagai alat bantu dalam proses kegiatan belajar mengajar, baik untuk kepentingan guru maupun siswa. 

3. Komputer sebagai Tutee (Tutee Applications)
Dalam subkategori ini, komputer itu sendiri yang menjadi fokus dari pembelajarannya karena di sini siswa ataupun guru membutuhkan untuk mempelajari bagaimana memprogram komputer (memberikan perintahperintah) dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang dikehendaki. Untuk tutee applications ini baik guru maupun siswa memerlukan suatu bahasa pemrograman. Mempelajari bahasa pemrograman adalah salah satu cara terbaik untuk membangun sebuah pemahaman bagaimana komputer bekerja.

Demikian sedikit ringkasan dari Modul Matematika SMP yang ditulis oleh Adi Wijaya dan  Sri Purnama Surya. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca atau download di sini

 Untuk  tutorial Download gratis dari DOCSTOC dan SCRIBD silahkan baca  di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar