Metode Pembelajaran Teks descriptive

Metode Pembelajaran Teks Descriptive berikut menggunakan metode ‘Guessing Game’ atau permainan tebakan,teknik tersebut dapat membuat siswa aktif berpartisipasi dalam pembelajaran.

Tujuan Metode Pembelajaran Teks Descriptive  disini adalah untuk membangun kosa kata siswa dan juga dapat membuat siswa berani berkomunikasi.

Berikut ini adalah penerapan Metode Pembelajaran Teks Descriptive dengan tema pembelajaran adalah profession :



Pertama, siswa diajak untuk tanya jawab dengan guru tentang
profesi orang tua mereka.
Teacher : I am a teacher. What is your father?
Student : He is a farmer.

Kemudian guru menunjukkan gambar berbagai profesi, siswa menyebutkan nama profesi dan dilanjutkan dengan menyebutkan kosakata yang ada hubungannya dengan profesi. Dengan dibimbing oleh guru, siswa menyebutkan ciri-ciri profesi. Misalnya,teacher: brings book and chalk, teaches student, dsb. Dari ciri-ciri tersebut dibuatlah contoh deskripsi tentang suatu profesi, dan siswa menebak nama profesi yang dideskripsikan. Berikutnya siswa membuat teks deskriptif tentang profesi berdasarkan contoh tadi dan siswa lain menebaknya. Setiap tebakan diikuti tanya jawab tentang alasan yang mendasari tebakan tersebut. Para siswa ternyata menyenangi kegiatan ini karena dapat berkomunikasi dengan yang lain. Ketika bel berbunyi tanda usai pelajaran, mereka masih asyik bertanya jawab.
Di akhir pelajaran mereka dapat mendiskusikan profesi orang tua masing-masing yang diberikan sebagai pekerjaan rumah. Pada dasarnya, tehnik ini bisa diterapkan untuk tema lain, misalnya family life, animals, plants, dan sebagainya

Demikian contoh Metode Pembelajaran Teks Descriptive yang disadur dan di edit dari buku Pakem untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Perangkat Pembelajaran SMP

Perangkat Pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru biasanya meliputi :
1.Prota dan Prosem
2. Silabus
3. Pemetaan
4. KKM
5. Rencana Pembelajaran.

Di sini bapak/ibu dapat mendownload secara gratis Perangkat Pembelajaran SMP ,terutama 4 pelajaran Pokok yaitu :

A. Silabus Semester ganjil
1. Silabus bahasa Inggris smp kelas 7
2. Silabus bahasa Inggris smp kelas 8 
3. Silabus bahasa Inggris SMP kelas 9
4.  Silabus Bahasa Indonesia SMP kelas 7,8,9 
5.Silabus matematika SMP kelas 7
6. Silabus matematika SMP kelas 8
7. Silabus Matematika SMP kelas 9
8. Silabus Ipa kelas 7
9.  Silabus IPA kelas 8
10. Silabus IPA kelas 9

Untuk Perangkat Pembelajaran SMP Semester Genap akan menyusul....

Media Animasi dalam Pembelajaran

Media Animasi dalam pembelajaran bertujuan untuk memaksimalkan efek visual dan memberikan interaksi berkelanjutan sehingga pemahaman bahan ajar meningkat.  
Media Animasi dalam pembelajaran  memiliki kemampuan untuk dapat memaparkan sesuatu yang rumit atau komplek untuk dijelaskan dengan hanya gambar dan kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka Media animasi dapat digunakan untuk menjelaskan suatu materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh mata, dengan cara melakukan visualisasi maka materi yang dijelaskan dapat tergambarkan.
Media Animasi dalam pembelajaran yang digunakan baik pada penjelasan konsep maupun contoh-contoh, selain berupa animasi statis auto-run atau diaktifkan melalui tombol, juga bisa berupa animasi interaktif dimana pengguna (siswa) diberi kemungkinan berperan aktif dengan merubah nilai atau posisi bagian tertentu dari animasi tersebut. Urutan kegiatan belajaranya dapat meliputi : melihat contoh, mengerjakan soal latihan, menerima informasi, meminta penjelasan, dan mengerjakan soal/evaluasi (Suwarna, 2007).
Berikut merupakan beberapa kepentingan atau kelebihan Media animasi dalam Pembelajaran :
1. Media Animasi dalam pembelajaran mampu menyampaikan sesuatu konsep yang kompleks secara visual dan dinamik.
2. Media Animasi digital mampu menarik perhatian pelajar dengan mudah. Animasi mampu menyampaikan suatu pesan dengan lebih baik dibanding penggunaan media yang lain.
3. Animasi digital juga dapat digunakan untuk membantu menyediakan pembelajaran secara maya.
4.Media Animasi dalam pembelajaran mampu menawarkan satu media  yang lebih menyenangkan. Animasi mampu menarik perhatian, meningkatkan motivasi serta merangsang pemikiran pelajar yang lebih berkesan.
5. Persembahan secara visual dan dinamik yang disediakan oleh teknologi animasi mampu memudahkan dalam proses penerapan konsep atau pun demonstrasi.
Untuk lebih lengkapnya silahkan baca dan download PTK dari Harsidi Side, tahun 2009. dengan judul Penggunaan Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Di   Sini

Penggunaan Media lagu

Penggunaan Media lagu dalam pembelajaran merupakan salah metode yang digunajan oleh guru dalam membantu siswa merangsang imajinasi siswa(Metode sugesti-imajinasi)  dalam menulis paragrap Deskriptive
Penggunaan  Media lagu  dapat  mengoptimalkan  kerja belahan otak kanan sehingga para siswa dapat mengembangkan imajinasinya secara leluasa. Efek positif dari optimalisasi kerja belahan otak kanan adalah rangsangan atau dorongan bagi kerja belahan otak kiri sehingga pada saat yang bersamaan para siswa juga dapat mengembangkan logikanya. Keseimbangan kinerja otakzkiri ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh informasi, pembuatan outline, dan akhirnya menuliskan informasi tersebut dalam bentuk tulisan atau karangan yang baik.
Penggunaan Media lagu dalam Metode sugesti-imajinasi menurut Tarigan (1991: 95) merupakan suatu  metode yang melibatkan pengisian/pemuatan bank-bank memori dengan memori-memori atau ingatan-ingatan yang diinginkan dan yang memberi kemudahan.
Penerapan  pembelajaran  menulis  dengan  metode  sugesti-imajinasi melalui Penggunaan Media lagu memiliki  kelebihan  dalam  memberikan  kontribusi  untuk  meningkatkan keterampilan menulis. Pemilihan lagu yang bersyair puitis membantu para siswa memperoleh model dalam pembelajaran kosakata. Pengembangan kosakata di sini mengandung pengertian lebih dari sekadar penambahan kosakata baru, tetapi lebih pada penempatan konsep-konsep baru dalam tatanan yang lebih baik atau ke dalam susunan-susunan tambahan (Tarigan 1985: 22).
Demikian sekelumit dari Skripsi yang berjudul “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XA SMA NEGERI 2 BLORA”oleh Rachma Dian K.K.B. ,FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Tahun 2007
Bagi  Bapak/Ibu yang ingin membaca atau memilikinya silahkan download    
di SINI

Penggunaan Media Audio Video

 Dalam proses belajar mengajar penggunaan Media Audio Video perlu di kembangkan untuk menjadikannya efektif dan menarik.Melalui penggunaan media Audio Video yang telah dikembangkan siswa dapat menggunakaan secara optimal alat indera yang dimilikinya. Semakin banyak alat indera yang digunakan oleh siswa maka sesuatu yang dipelajari akan makin mudah diterima dan diingat.


Kenyataannya penggunaan Media Audio Video belum mendapat perhatian oleh guru Bahasa Inggris di Sekolah sekolah  Negeri .Berdasarkan masalah tersebut diatas sipenulis, Dewi Fitria,  mahasiswa Universitas Negeri Semarang, membuat penelitian yang berjudul ”Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa IV Madrasyah Ibtidaiyyah Negeri (MIN) Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara” 


Dalam skripsi tersebut si penulis membuat kesimpulan antara lain :

1. Setelah dilakukan pengembangan dengan media Audio Visua diketahui bahwa siswa lebih mudah untuk memahami materi atau informasi yang disampaikan oleh guru.

2 Dengan adanya media Audio Video hasil pengembangan guru lebih mudah untuk

mencapai tujuan, lebih efektif dan efisien dalam penyampaian materi pembelajaran Bahasa Inggris karena dalam satu media guru dapat mengerjakan listening, writing dan reading secara bersamaan.



Untuk lebih lengkapnya silahkan download gratis skripsi tersebut  disini


PAKEM BAHASA INGGRIS


PAKEM BAHASA INGGRIS adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan yang dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan.  Sehingga, jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar.

Di dalam PAKEM BAHASA INGGRIS, Peran aktif dari siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya tinggi.

Menurut hasil penelitian, tingginya waktu curah terbukti meningkatkan hasil belajar. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif, maka pembelajaran tersebut tak ubahnya seperti bermain biasa.

Secara garis besar, gambaran PAKEM BAHASA INGGRIS adalah sebagai berikut:
  •     Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
  •     Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
  •     Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’ Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
  •     Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang PAKEM BAHASA INGGRIS ? Silahkan download gratis bukunya 

Permainan untuk anak

Seperti halnya dengan orag dewasa, anak –anak juga bisa mengalami keadaan yang jenuh,malas dan bosan karena beban pelajaran,pergaulan dengan teman dan keadaan lingkungan yang sedang tidak  bersahabat. Problem keseharian ini umum terjadi dimanapun. Namun adakalanya kondisi psikis yang demikian ini muncul di saat yang tidak tepat, misalnya saat anak harus berangkat ke sekolah, hendak memulai pelajaran bahkan saat akan mengikuti ujian. Orang tua dan guru harus jeli melihat kondisi anak yang seperti itu.
Buatlah sebuah bentuk komunikasi yang akrab dengan anak atau siswa anda melalui cara yang lain, yaitu dengan permainan. Aktifitas bermain dapat mencairkan ketegangan suasana, mencairkan hubungan dan meningkatkan kualitas kondisi psikis anak atau siswa bimbingan anda.
Di dalam buku ini memuat 112 permainan yang dapat anda gunakan di rumah maupuan di sekolah, baik sebelum memulai pelajaran atau sekedar mengisi waktu luang di rumah.
Apa sajakah permainan tersebut ? untuk lebih jelasnya silahkan download bukunya di sini.