Penggunaan Media lagu dalam pembelajaran merupakan salah metode yang digunajan oleh guru dalam membantu siswa merangsang imajinasi siswa(Metode sugesti-imajinasi) dalam menulis paragrap Deskriptive
Penggunaan Media lagu dapat mengoptimalkan kerja belahan otak kanan sehingga para siswa dapat mengembangkan imajinasinya secara leluasa. Efek positif dari optimalisasi kerja belahan otak kanan adalah rangsangan atau dorongan bagi kerja belahan otak kiri sehingga pada saat yang bersamaan para siswa juga dapat mengembangkan logikanya. Keseimbangan kinerja otakzkiri ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh informasi, pembuatan outline, dan akhirnya menuliskan informasi tersebut dalam bentuk tulisan atau karangan yang baik.
Penggunaan Media lagu dalam Metode sugesti-imajinasi menurut Tarigan (1991: 95) merupakan suatu metode yang melibatkan pengisian/pemuatan bank-bank memori dengan memori-memori atau ingatan-ingatan yang diinginkan dan yang memberi kemudahan.
Penerapan pembelajaran menulis dengan metode sugesti-imajinasi melalui Penggunaan Media lagu memiliki kelebihan dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan keterampilan menulis. Pemilihan lagu yang bersyair puitis membantu para siswa memperoleh model dalam pembelajaran kosakata. Pengembangan kosakata di sini mengandung pengertian lebih dari sekadar penambahan kosakata baru, tetapi lebih pada penempatan konsep-konsep baru dalam tatanan yang lebih baik atau ke dalam susunan-susunan tambahan (Tarigan 1985: 22).
Demikian sekelumit dari Skripsi yang berjudul “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XA SMA NEGERI 2 BLORA”oleh Rachma Dian K.K.B. ,FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Tahun 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar